Pengertian Kanker Ovarium

Kanker ovarium adalah penyebab utama kematian akibat kanker kelima dari kalangan wanita AS dan memiliki angka kematian tertinggi dari salah satu kanker ginekologi. Risiko seumur hidup dari kematian akibat kanker ovarium 1,1%. Menurut Kanker US Statistik: 2004 Kejadian dan laporan Kematian, 20.095 perempuan di Amerika Serikat mengetahui bahwa mereka menderita kanker ovarium pada tahun 2004. Tentang 6.600 wanita yang didiagnosis dengan kanker ovarium di Inggris setiap tahun, sekitar 1.500 di Australia dan 2.300 di Kanada. Tingkat kematian untuk penyakit ini tidak banyak berubah dalam 50 tahun terakhir.

Sayangnya, hampir 70 persen wanita dengan kanker ovarium epitelial yang umum tidak terdiagnosis sampai penyakit ini maju dalam tahap - yaitu, telah menyebar ke perut bagian atas (stadium III) atau luar (stadium IV). Tingkat 5-tahun kelangsungan hidup secara keseluruhan adalah minimal 75% jika kanker terbatas pada ovarium dan menurun menjadi 17% pada wanita didiagnosis dengan metastasis jauh. Gejala biasanya tidak menjadi nyata sampai tumor kompres atau menyerang struktur berdekatan, asites berkembang, atau metastasis menjadi klinis jelas. Akibatnya, dua pertiga dari wanita dengan kanker ovarium telah maju (Tahap III atau IV) penyakit pada saat diagnosis. Karsinoma ovarium paling sering terjadi pada wanita di atas usia 60. Faktor-faktor risiko penting termasuk paritas rendah dan riwayat keluarga kanker ovarium. Kurang dari 0,1% wanita dipengaruhi oleh sindrom kanker ovarium turun-temurun, tetapi wanita-wanita ini mungkin menghadapi risiko seumur hidup 40% dari mengembangkan kanker ovarium.

Ada banyak jenis tumor yang dapat mulai pada ovarium. Beberapa bersifat jinak, atau non-kanker, dan pasien dapat disembuhkan dengan pembedahan menghapus satu ovarium atau bagian dari ovarium yang mengandung tumor. Beberapa pilihan pengobatan ganas atau cancerous, dan hasil bagi pasien tergantung pada jenis kanker ovarium dan seberapa jauh ia telah menyebar sebelum didiagnosis.

Tumor ovarium dinamai sesuai dengan jenis sel tumor mulai dari dan apakah tumor jinak atau kanker.

Tiga jenis utama tumor ovarium adalah:

1. Tumor Epitel
Tumor ovarium epitel terbentuk dari sel-sel yang menutupi permukaan luar ovarium. Kebanyakan tumor ovarium epitel adalah jinak. Ada beberapa jenis tumor epitel jinak, termasuk adenoma serosa, adenoma mucinous, dan tumor Brenner. Tumor epitel kanker adalah karsinoma. Ini adalah yang paling umum dan paling mematikan dari semua jenis kanker ovarium. Ada beberapa tumor ovarium epitel yang penampilannya di bawah mikroskop tidak secara jelas mengidentifikasi mereka sebagai kanker, ini disebut tumor atau tumor borderline potensi ganas rendah (LMP tumor). Karsinoma epitel ovarium (EOC) account untuk 85 sampai 90 persen dari semua kanker ovarium. Kelompok ini kanker yang sering disebut sebagai "kanker ovarium".

Sel-sel yang membentuk EOC memiliki beberapa bentuk yang bisa dikenali di bawah mikroskop. Mereka dikenal sebagai serosa, mucinous, endometrioid, dan tipe sel jernih. Kurangnya dibedakan EOC yang membedakan fitur dari setiap dari keempat subtipe dan cenderung tumbuh dan menyebar lebih cepat.

Selain klasifikasi mereka dengan jenis sel, EOC diberi kelas dan panggung. Kelas adalah pada skala 1, 2 atau 3. Kelas 1 EOC lebih mirip jaringan normal dan cenderung memiliki prognosis yang lebih baik daripada Grade 3 EOC, yang terlihat kurang seperti jaringan normal dan biasanya menyiratkan pandangan buruk dari Kelas 1 EOC.

2. Tumor Sel Benih
Tumor ovarium germinal sel berkembang dari sel-sel yang menghasilkan ova atau telur. Tumor germinal adalah jinak Kebanyakan sel, meskipun beberapa kanker dan mungkin mengancam nyawa. Yang paling umum keganasan germinal sel jatuh tempo teratoma, dysgerminomas, dan sinus endodermal tumor. Keganasan sel germinal terjadi paling sering pada remaja dan wanita usia dua puluhan. Sebelum era modern kemoterapi kombinasi, yang paling agresif dari tumor, tumor GNP sinus normal, dikaitkan dengan kelangsungan hidup 1 tahun bebas penyakit hanya 10 sampai 19 persen. Hal ini terjadi walaupun fakta bahwa 70 persen dari tumor ini didiagnosis sebagai stadium I penyakit. Hari ini, 90 persen pasien dengan keganasan sel germinal ovarium dapat disembuhkan dan kesuburan diawetkan.

3. Tumor Stroma
Tumor stroma ovarium terbentuk dari sel jaringan ikat yang menahan ovarium bersama-sama dan mereka yang memproduksi hormon wanita, estrogen dan progesteron. Jenis yang paling umum di antara kelas ini jarang tumor granulosa ovarium adalah teka-tumor dan Sertoli-Leydig tumor sel. Tumor ini cukup jarang dan biasanya dianggap kelas rendah kanker, dengan sekitar 70 persen menyajikan sebagai stadium I penyakit.

Statistik ini, dan informasi tentang stadium tumor dan kelas, menunjukkan bahwa ada kebutuhan penting untuk menetapkan agenda untuk penelitian lebih ke bidang penelitian dasar dan translasi, kerentanan genetik dan pencegahan, pencitraan diagnostik, skrining dan diagnosis, dan terapi. Ini bisa memegang janji untuk penemuan paling masa depan yang akan mengarah pada pencegahan ditingkatkan, deteksi, dan pengobatan kanker ovarium, terutama kanker epitel umum.
*Sumber: http://www.news-medical.net/health/Ovarian-Cancer-(Indonesian).aspx